Dua Caleg Terpilih DPRD Kota Palu Batal Ditetapkan

3 min read
0
1,885

Lima Komisioner KPU Kota Palu saat menandatangani berita acara perolehan suara partai dan penetapan Calon Legislatif (Caleg) Terpilih DPRD Kota Palu. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.com – Dua Calon Legislatif (Caleg) Terpilih DPRD Kota Palu, akhirnya batal ditetapkan pada rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu di salah satu hotel di Palu, Senin malam (12/8/2019).

Kedua Caleg yang batal ditetapkan itu yakni, Hamsir dari Partai Hanura Daerah Pemilihan (Dapil) Palu Utara – Tawaeli dan Josias Nari dari PDI Perjuangan Dapil Palu Timur – Mantikulore.




Hamsir batal ditetapkan, karena terbukti melakukan money politik atau politik uang saat masa kampanye berlangsung. Akibat pelanggaran itu, Pengadilan Negeri (PN) Palu menjatuhkan putusan dengan nomor 214/Pid.B/2019/PN Pal yang menjatuhkan vonis hukuman kepada Hamsir dengan pidana penjara selama 2 bulan dan denda Rp5.000.000 (lima juta rupiah).

Putusan PN Palu ini, diperkuat kembali oleh putusan Pengadilan Tinggi (PT) Sulteng dengan nomor 71/Pid.Sus/2019/PT PAL yang isinya menguatkan putusan PN Palu. Dengan adanya putusan PN Palu dan PT Sulteng ini, Hamsir batal ditetapkan sebagai caleg terpilih meski memperolah suara terbanyak diinternal partainya.

Pada Pemilu 17 April 2019, Hamsir sebenarnya memperoleh kursi ke-3 dengan total suara sah dari Partai Hanura sebesar 2.681 suara. Hamsir sendiri memperoleh suara pribadi sebesar 1.201 suara. Karena terbukti melakukan pelanggaran, Hamsir akhirnya digantikan oleh peraih suara terbanyak kedua di Hanura yakni ketua PAC Hanura Palu Utara atas nama Narwis dengan perolehan suara pribadi 656 suara.



Sementara Josias Nari dari PDI Perjuangan juga batal ditetapkan, karena yang bersangkutan meninggal dunia sebelum penetapan KPU Kota Palu. Josias memperoleh kursi ke-5 dari total suara PDI Perjuangan sebesar 4.476 suara. Josias sendiri memperoleh suara pribadi sebesar 1.635 suara. Kader PDI Perjuangan ini meninggal akhir Juli 2019 lalu, karena sakit yang dideritanya. Posisinya digantikan peraih suara terbanyak kedua yakni Abdul Fatah, SE dengan perolehan suara pribadi 503 suara.

Rapat pleno penetapan Caleg terpilih DPRD Kota Palu, dipimpin Ketua KPU Palu Agussalim Wahid dan didampingi empat komisioner lainnya. Rapat Pleno dimulai sekira pukul 20.00 Wita itu berakhir sekira pukul 23.00 Wita. FUL

Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Empat Bacagub Bakal Diundang Bansel Gerindra Paparkan Visi – Misi

Sekertaris Bansel DPD Gerindra, Sony Lahati menerima pengembalian formulir dari perwakilan…