DKPP RI Periksa Komisioner KPU Parimo

3 min read

Anggota pemeriksa DKPP RI, Alfitra Salam saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan usai sidang di Kantor Bawaslu Sulteng. FOTO : MIFTAHUL AFDAL/SULTENGNEWS.COM

PALU, SULTENGNEWS.COM – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) Republik Indonesia (RI), menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran kode etik komisioner Parigi Moutong, Tahir S.Pd di Kantor Bawaslu Sulteng, Selasa (11/2/2020).




Adapun yang bertindak sebagai majelis dalam persidangan yaitu Ketua Majelis/Anggota DKPP RI, Alfitra Salam, Tim Pemeriksa Daerah (TPD) unsur masyarakat Intan Kurnia, TPD unsur KPU Sulteng Naharuddin, TPD unsur Bawaslu Sulteng Ruslan Husen.

“Hari ini hanya pemerikasaan terhadap tuduhan yang disampaikan masyarakat terhadap salah satu Komisioner Kabupaten Parigi Moutong yang dituduh pernah menjadi anggota partai politik,” kata Anggota DKPP RI, Alfitra Salam.

Alfitra menyebutkan, sidang hari ini masih memintai pokok pengaduan dari pengadu dan mendengarkan jawaban dari teradu serta keterangan saksi.




“Kami pada siang hari ini hanya mengklarifikasi kepada teradu, begitu informasi dari KPU RI, KPU Sulteng dan Bawaslu Kabupaten Parigi Moutong serta beberapa saksi. Untuk masalah kebenarannya, kami akan menindaklanjuti melalui rapat pleno di DKPP Pusat,” sebutnya.

“Rapat pleno minggu depan akan terjadwal untuk memutuskan perkara ini,” imbuhnya.

Alfitra menuturkan, DKPP RI sengaja datang ke Bawaslu Sulteng untuk memastikan laporan masyarakat kepada Komisioner KPU Kabupaten Parigi Moutong.

“Kami dari DKPP RI, sengaja datang untuk mengecek kebenaran atas laporan masyarakat berkaitan dengan Saudara Tahir selaku anggota KPU Parigi Moutong. Jadi kami hanya mengecek fakta – fakta saja yang diberikan pengadu,” tuturnya.

Alfitra menyampaikan, setelah rapat pleno DKPP RI dilaksanakan, maka keputusan akan dibacakan di depan umum.




“Tahapannya pertama akan ada rapat pleno di DKPP pusat. Keputusannya akan dibacakan di depan umum,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui, Tahir S.Pd dilaporkan oleh Abdul Majid dengan dugaan pelanggaran kode etik, karena terlibat sebagai pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Parigi Moutong. DAL

Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Imelda Liliana Muhidin “Jualan” Program Dihadapan Tim Pansel Demokrat Sulteng

Imelda Liliana Muhiddin Said, SE foto bersama Tim Pansel Demokrat usai pemaparan visi R…