Disperindag Palu Ancam Tarik Mesin Industri UMKM Jika Tidak Aktif

3 min read

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, melalui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palu, Syamsul Saifudin mengatakan akan menarik semua mesin industri yang telah dibagikan kepada setiap kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) jika tidak berperan aktif.




“Yah kami akan menarik semua mesin atau bahan-bahan industri jika mereka (kelompok UMKM) disetiap kelurahan tidak aktif dan kami akan berikan kepada kelompok lain yang aktif berproduksi,” ungkap Kadis Disperindag, Syamsul Saifudin kepada sultengnews.com, Selasa (21/1/2020).

Dirinya mengungkapkan, sejauh ini sudah sekitar 23 kelompok UMKM yang terbentuk disetiap kelurahan yang berada di delapan Kecamatan di Kota Palu.

“ 23 Kelompok yang sudah terbentuk disetiap kelurahan yang ada di delapan kecamatan,” ucapnya.

Melalui rapat yang diadakan oleh Kadis Disperindag, Selasa (21/1/2020), membahas tentang perkembangan kelompok UMKM yang ada dan rata-rata semua kelompok UMKM berjalan sesuai dengan harapan.

Diketahui, setiap kelompok UMKM yang ada dibentuk oleh lurah disetiap kecamatan dan setiap kelompok UMKM jika membutuhkan mesin industri harus melapor kepada lurah kemudian disampaikan kepada Disperindag.

“Kelompok UMKM yang ada dibentuk oleh lurah, kemudian lurah menyampaikan kepada saya apa yang dibutuhkan oleh kelompok itu untuk mulai beroperasi dan rata-rata 23 kelompok yang ada kami (Disperindag) akan menfasilitasi, seperti usaha pakan yah kami fasilitasi mesin Cuper, Mixer, tergantung apa yang dibutuhkan kelompok itu melalui kelurahan,” tuturnya.




Sejauh ini Kelompok UMKM yang sudah berjalan normal yaitu Kelompok UMKM yang ada di Kelurahan Silae, Kelompok tersebut telah memproduksi bambu dan siap dijual, kemudian produksi pakan sapi.

“Dari rapat yang kami selenggarakan tadi, kelompok UMKM yang di Kelurahan Silae telah berhasil memproduksi bambu dan pakan ternak dan mungkin kedepannya mereka akan memproduksi batok kelapa,” jelasnya. MAT

Load More Related Articles
Load More In Palu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Ekspedisi Celebes 360 MBI Bandung Jelajah Sulawesi Singgah di Palu

Kepolres Palu, AKBP H.Moch Sholeh, SIK.SH.MH yang saat berbincang hangat dengan tim eksped…