Disdikbud Sulteng Susun Anggaran Persiapan UNBK Tahun 2018

2 min read
0
269

SULTENGNEWS.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, telah menyusun anggaran pengadaan fasilitas komputer persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/SMK/sederajat tahun 2018.

Hal ini mengacu pada target Kemendikbud RI jika tahun 2018 seluruh SMA dan SMK sederajat 100 persen harus menerapkan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan untuk jenjang SMP/MTs/ sederajat ditargetkan 80 persen menerapkan UNBK.

“Saat ini sementara kami susun, kita akan upayakan itu, namun tentunya juga harus tetap memperhatikan kemampuan daerah dan sekolah, karena jika daerah semua yang menanggung itu saya kira sulit,” tutur Irwan, saat ditemui pada akhir pekan kemarin, di ruangannya.

Untuk itu kata Irwan, pihak sekolah juga dituntut untuk kreatif untuk melakukan pengadaan komputer tanpa mengesampingkan aturan-aturan yang ada, sambil tetap menunggu bantuan dari pemerintah daerah.

Atau melakukan kemitraan dengan SMP penyelenggara UNBK, karena jadwal pelaksanaan ujian antara SMP dan SMA/SMK itu berbeda. “Kepala Sekolah selaku menejer di sekolah itu, kami minta juga kreatifitasnya, agar UNKB itu bisa terlaksana di sekolahnya,”kata Irwan.

Khusus untuk Kota Palu kata Irwan, pihaknya sudah ada pembicaraan awal dengan Dinas Pendidikan Kota Palu Ansyar Sutiadi, untuk menjalin kerjasama pada pelaksanan UNBK tahun 2018 nanti, dengan harapan daerah lain juga dapat melakukan hal yang sama.

Manfaat UNBK ini kata Irwan sangat banyak dibandingkan dengan ujian tertulis, selain dapat menekan anggaran juga menghindari kebocoran soal, karena selama ini kebocoran soal itulah yang selalu menjadi momok di setiap pelaksanaan Ujian Nasional tertulis. AMI

Load More Related Articles
Load More In Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Sambuat Tahun Baru Islam, TK Aisyiyah 1 Baolan Zikir Bersama

TOLITOLI, SULTENGNEWS.com – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam,…