Cudy Kritik Penanganan KEK Palu

2 min read
1
252

Mantan Walikota Palu, Rusdy Mastura saat menyampaikan gagasan awal dibangunnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu di hadapan masyarakat RW 04 Liku, Kelurahan Lambara, Kecamatan Tawaeli. FOTO : MAHFUL/SN

PALU, SULTENGNEWS.com – Mantan Walikota Palu Dua Periode, Rudy Mastura mengkritik penanganan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu yang dinilainya sudah melenceng dari ide awal pembangunannya.

“KEK itu ide awalnya kita mau buat industri coklat, industri kelapa, industri rotan, industri rumput laut agar bisa mempekerjakan masyarakat kita. Bukan industri manufacturing yang akhirnya membuat masyarakat kita hanya menjadi penonton,” terang Cudy sapaan akrab Rusdy Mastura dihadapan ratusan masyarakat RW 04 Liku, Kelurahan Lambara, Rabu (26/9/2018).

Dikatakan, penanganan KEK saat ini yang lebih konsen menghadirkan industri manufacturing, sudah melenceng dari ide dasarnya yang bertujuan untuk mempekerjakan masyarakat lokal agar bisa sejahtera.

“Memang kita juga butuh industri manufacturing, tapi itu jangka panjang. Kalau semua industri yang bahan bakunya ada di daerah kita sudah jadi dan masyarakat sudah sejahtera, barulah kita buat industri besar,” katanya.

Cudy berharap, Pemerintah Kota Palu melalui PT. Palu Bangun Sulteng yang menjadi pengelola KEK, agar bisa fokus kembali ke pembangunan industri rotan, coklat, kelapa dan industry rumput laut, agar masyarakat bisa diberdayakan dan mendapat manfaat dari kehadiran KEK di Palu.

“Saya sampaikan bahwa perjuangan KEK ini tidak mudah, bayangkan di Indonesia hanya ada tujuh KEK dan enam diantaranya diperjuangkan langsung oleh Gubernur. Hanya KEK Palu yang diperjuangkan Walikota dan Alhamdulilah berhasil,” kenang Cudy.

Olehnya, Cudy sangat berharap KEK yang dia perjuangkan benar – benar bisa terwujud sesuai ide dasarnya agar berguna dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga mereka bisa sejahtera. FUL

Load More Related Articles
Load More In Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

PKBI Sulteng Buka Posko Kesehatan di Empat Titik Pengungsian

Direktur PKBI Sulteng, Yospin saat berkoordinasi dengan bidan di Kelurahan Kabonena untuk …