Calon Independen Respon Positif Pembukaan Pendaftaran Calon Walikota di Parpol

3 min read
0
165

PALU, SULTENGNEWS.com – Bakal Calon Perseorangan dengan tageline ‘Green Independe’, Agussalim Faisal, SH merespon positif pendaftaran yang dibuka sejumlah Partai Politik di Kota Palu.



Menurut Agussalim SH kehadiran kader partai, kalangan birokrasi, serta pengusaha yang mendaftarkan diri ke Parpol menunjukkan keyakinan politik, namun belum menjawab agenda demokrasi pada Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Palu 2020 mendatang.

“Dalam demokrasi prosedural yang berlaku di partai politik hanya bersifat administrasi saja, bukan legitimasi bagi demokrasi pesta demokrasi,” ujar Agus, Rabu (11/9/2019).

Ia mengaku khawatir, jangan dijadikan indikator keseriusan total Pilwakot menjamin konstetasi pendaftaran tersebut. Sebab besar kemungkina perilaku partai memiliki ‘khuasa khusus’ menentukan skenario politik meloloskan calonnya.

“Di samping semua partai mewajibkan adanya survey. Sebagai persyaratan oke oke saja, namun elit pengurus partai tertinggi yang menentukan,” katanya.

Menurut Agus, yang disayangkan nanti, peluang demokrasi bagi politik rakyat di Pilwakot menjadi terkontaminasi akibat di antara oknum kandidat bakal calon tidak lolos. Yang disayangkan, kalau yang mendaftar bukan dari kalangan partai dapat bisa dimaklumi dari awal, namun kader partai yang mendaftar tidak diloloskan akan berpotensi terjadi konflik internal menjadi polemik eksternal. Ia menegaskan, dinamika ini wajib diwacanakan semua pihak untuk kedewasaan politik. Agar rakyat bukan objek kontra politik dari oknum calon tersebut.



“Saya sebagai bakal calon independen di Pilwakot Palu berharap semua berjalan baik dan tidak terjadi praktek demikian. Independen bukan partai, namun bon partisan rakyat punya politik berpartai sesuai aturanya sendiri,” jelas Agus.

Pada kesempatan tersebut, Agussalim yang juga advokat rakyat sekaligus Dewan Pengurus Nasional Sarekat Hijau Indonesia (SHI), mengimbau agar relawannya untuk mengkhususkan prioritas bagi politik ekologi hijau untuk sumber – sumber penghidupan agraria Kota Palu. Baik melalui green ekonomi, green job, dan birokrasi Rakyat. BOB

Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Anwar Hafid Balon Pertama Mengambil Formulir di Gerindra

PALU, SULTENGNEWS.com – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2…