Bupati Sigi Resmikan Sekolah Alam “Awan Hijau” Kamalisi

7 min read
0
365

Keterangan Foto :

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta, S.Sos saat melakukan penanaman pohon penghijauan di lokasi Sekolah Alam “Awan Hijau” Kamalisi. FOTO : MAHFUL/SN

SIGI, SULTENGNEWS.com – Bupati Sigi Moh. Irwan Lapatta, S.Sos meresmikan Bangunan Musholah Al-Amin dan Bangunan Pendidikan PAUD Sekolah Alam “Awan Hijau” Kamalisi pada Minggu (1/4/2018).

Bupati tiba di lokasi Sekolah Alam “Awan HIjau” Kamalisi sekira pukul 11.00 Wita dan disambut langsung pendiri sekolah alam Ridha Saleh bersama pengurus dan panitia pembangunan lainnya.

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta, S.Sos saat melakukan pelatakan batu pertama pembangunan gedung belajar sekolah alam dan gedung musik di lokasi Sekolah Alam “Awan Hijau” Kamalisi. FOTO : MAHFUL/SN

Setibanya di lokasi, bupati langsung melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung sekolah dan gedung musik. Setelah itu, dilanjutkan dengan penanaman pohon penghijauan di lokasi sekolah alam di Dusun Lambara, Desa Daenggune, Kabupaten Sigi itu. Usai melakukan dua rangkaian kegiatan itu, bupati lalu dipersilahkan naik ke bangunan sekolah PAUD yang terbuat dari batang kelapa, lantai bambu dan atap rubiah.

Suasana sejuk sangat terasa di lokasi Sekolah Alam “Awan Hijau” Kamalisi itu. Bupati dan rombongan langsung menempati tempat yang telah disediakan bersama pendiri sekolah alam Ridha Saleh bersama undangan lainnya.

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta, S.Sos saat memberikan sambutan saat peresmian bangunan sekolah PAUD dan Musholah  Sekolah Alam “Awan Hijau” Kamalisi. FOTO : MAHFUL/SN

Dihadapan bupati, Ridha Saleh memaparkan konsep sekolah alam yang digagasnya bersama beberapa pegiat pendidikan dan lingkungan di Sulteng. Menurutnya, sekolah alam tersebut didirikan untuk memperkenalkan anak didik tentang alam dan lingkungan, sehingga mereka bisa mencintai alam dan tidak merusak lingkungan.

“Sekolah alam ini, kami beri nama “Awan Hijau” Kamalisi yang mengandung makna filosofis Awan berarti mengayomi, Hijau berarti alam yang belum tercemari dan Kamalisi adalah nama sebuah pohon. Jadi, Awan Hijau Kamalisi, bisa diartikan sekolah yang melindungi dan mengayomi serta berbasis alam yang hijau dan asri,” terang Ridha Saleh.

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta, S.Sos saat menyaksikan penyerahan Keyboard untuk Sekolah Alam dari pegiat pendidikan dan lingkungan Melani “Awan Hijau” Kamalisi. FOTO : MAHFUL/SN

Mantan Komisioner Komnas HAM RI ini mengatakan, sekolah alam “Awan Hijau” Kamalisi akan bermitra dengan sekolah – sekolah yang berada di Palu dan Kabupaten Sigi dengan melakukan Memorandum Of Understanding (MoU) bersama Dinas Pendidikan Kota Palu dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sigi.

“Kalau MoU dengan Dinas Pendidikan Palu dan Sigi sudah dilakukan, maka Sekolah Alam “Awan Hijau” Kamalisi sudah akan bermitra dengan sekolah – sekolah di Kota Palu dan Sigi,” ujar pegiat lingkungan ini.

Namun sambil menunggu rampungnya pembangunan, pihak sekolah alam sudah akan segera membuka pendidikan PAUD untuk anak – anak di Dusun Lambara, Desa Daeunggune lokasi sekolah alam itu. Rencananya, proses belajar – mengajar akan segera dilakukan dalam waktu dekat ini.

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta, S.Sos saat mengikuti prosesi syukuran atas peresmian Musholah Sekolah Alam “Awan Hijau” Kamalisi. FOTO : MAHFUL/SN

“Karena itu, kami sangat berharap kiranya bapak bupati bisa membantu dan memberikan perhatian kepada sekolah alam ini, karena wilayahnya berada di Kabupaten Sigi,” ujar Ridha Saleh dihadapan bupati.

Menanggapi laporan pendiri sekolah alam itu, Bupati Sigi Moh. Irwan Lapatta, S.Sos berjanji akan memberikan perhatian serius terhadap pembangunan sekolah alam “Awan Hijau” Kamalisi itu.

“Terus terang APBD kita di Sigi, masih sangat terbatas. Namun saya sangat bangga dan mengapresiasi dengan pembangunan sekolah alam ini. Insya Allah saya akan upayakan bisa memberikan bantuan untuk pembangunan sekolah ini,” ujar Bupati saat menyampaikan sambutannya.

Bupati juga berjanji akan mempebaiki jalan di Dusun Lambara, Desa Daenggune yang menjadi satu – satunya jalan menuju Sekolah Alam “Awan Hijau” Kamalisi.

“Untuk pembangunan jalan, saya akan dorong agar bisa masuk di APBD Perubahan Tahun ini, semoga saja bisa. Mengenai pembangunan sekolahnya, kita akan berdiskusi lagi secara matang sehingga bisa dianggarkan lewat APBD kedepannya,” janji bupati.

Usai memberikan sambutan, bupati langsung menuju Musholah untuk melakukan peresmian. Setelah itu, bupati meninggalkan lokasi sekolah alam tersebut. FUL

Load More Related Articles
Load More In Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Sambuat Tahun Baru Islam, TK Aisyiyah 1 Baolan Zikir Bersama

TOLITOLI, SULTENGNEWS.com – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam,…