Bupati Buol Bersikeras Tak Mau Melepas Lahan 10 Ribu Hektar

3 min read
0
1,320

Keterangan Fotot :

Bupati Buol, Amirudin Rauf saat menjadi narasumber pada kegiatan seminar perlindungan WKR dan kawasan hutan terhadap ekspansi perkebunan kelapa sawit di Sulawesi Tengah, di Ruang Polibu Kantor Gubernur, Senin (11/12/2017). Foto: IST

PALU, SULTENGNEWS.com – Bupati Buol, dr Amirudin Rauf, Sp.OG bersikeras tetap tidak mau melepas lahan seluas 10 ribu hektar kepada perusahaan sawit PT Hardaya Inti Plantation yang kini mengelola sawit di Kabupaten Buol.

“Saya menolak itu dengan alasan, itu melanggar aturan. PT Hardaya Inti Plantation sudah punya 22 ribu hektar. Minta lagi 10 ribu hektar, itu saya tolak,” ujar Bupati Buol, Amirudin Rauf kepada wartawan belum lama ini.

Menurut Bupati, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI sudah beberapa kali menyurat untuk meminta agar melepas lahan 10 ribu hektar tersebut untuk perkebunan sawit. Namun bupati tetap bersikeras untuk tidak melepas lahan itu ke perkebunan sawit.

“Saya sangat disesalkan adanya mobilisasi aparat yang dilakukan Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) di Kabupaten Buol yang kemudian membentuk tim yang disebut Tim Pelepasan Kawasan,” ujar Bupati.

Tim ini kata Bupati, yang kemudian melakukan upaya – upaya agar lahan seluas 10 ribu hektar tersebut bisa dilepas dan kini prosesnya telah sampai di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Dilepasnya lahan 10 ribu hektar itu, baru saya ketahui setelah 11 bulan. Dan sekarang prosesnya ini, sudah sampai di tingkat Menteri,” katanya lagi.

Namun kata Bupati, dia akan melakukan berbagai cara dan upaya untuk mempertahankan lahan tersebut. Saat ini, yang menjadi upaya selanjutnya kata Bupati, ialah ingin bertemu dengan Menteri LHK dan menyampaikan langsung yang terjadi di Kabupaten Buol.

“Saya sudah bertemu dengan Menteri Agraria. Tapi kenapa dengan Menteri Kehutanan ini susah sekali? Bahkan Dirjennya pun susah ditemui,” ujarnya. IJR

Load More Related Articles
Load More In Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

PKBI Sulteng Buka Posko Kesehatan di Empat Titik Pengungsian

Direktur PKBI Sulteng, Yospin saat berkoordinasi dengan bidan di Kelurahan Kabonena untuk …