Bulan Bahasa di Unisa, Libatkan Sembilan Sanggar Seni

4 min read
0
112

SULTENGNEWS.com- Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Palu, telah merayakan Bulan Bahasa dan Malam Sastra di Kampung Kaili, Sabtu (18/11/2017) malam, sekaligus mementaskan sejumlah karya sastra dengan menghadirkan sebanyak sembilan sanggar seni di tingkat pelajar dan mahasiswa yang ada di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Rektor Universitas Alkhairaat Palu, Dr Hamdan Rampadio saat membuka kegiatan itu, mengapresiasi kerja keras panitia atas terselenggaranya kegiatan itu, hal ini kata Hamdan, patut untuk ditingkatkan sebagai wadah penyaluran bakat-bakat sastrawan muda Sulawesi Tengah.

Termasuk sebagai wadah aktualisasi teori yang diterima mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Palu selama ini. “Saya mengucakan banyak terimah kasih pada Fakultas Sastra dan panitia kegiatan ini, sudah melakukan kegiatan di tempat terbuka seperti ini, ini bagian dari edukasi bagi masyarakat untuk mencintai sastra,” tutur Hamdan.

Di tempat itu, Hamdan menyempatkan diri membacakan sejumlah puisi sebagai bentuk apresiasi atas kegiatan itu.

Di tempat yang sama, Wakil Dekan III Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Palu Mas’amah Amin Syam menuturkan, jika ini kali pertama Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Palu menyelenggarakan kegiatan secara terbuka dan ditempat publik, sekaligus memilih Kampung Kaili sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan pada Sabtu malam, mengingat di tempat itu dipastikan akan ramai dikunjungi banyak orang, karena bertujuan untuk menguji mental mahasiswanya sekaligus mempromosikan Fakultas Sastra Unisa Palu di masyarakat.

“Tidak cukup jika hanya menerima teori di dalam kampus, mereka harus dibawa keluar, untuk menguji kemampuan mereka,”jelas  Mas’amah.

Istimewanya lagi kata Mas’amah, jika penitia penyelenggara ini diambil dari mahasiswa semester satu. “Kita harus bisa memberikan tantangan ke mereka, agar mereka bisa maju, jika tidak diberi tantangan sulit mereka maju,” tutur Wakil Dekan III Sastra ini.

Pantauan media ini, tampak puluhan pengunjung silih berganti memadati lokasi kegiatan, untuk menikmati sejumlah suguhan pantas seni dari sejumlah sanggar seni yang ikut berpartisipasi. “Kita hanya undang lima sanggar seni, ternyata yang lain juga meminta untuk dilibatkan, malam ini ada Sembilan sanggar seni yang ikut meramaikan,”tambah Mas’amah.

Diantara sanggar seni yang ikut meramaikan, masing-masing Komunitas Pelajar Berkarya (KPB), Sanggar Seni Guru Tua (SSGT), Sanggar Seni Wanara (Fakultas Kehutanan Untad), Trisda IAIN Palu, Kaliavo (STMIK), Teater Nol Dua, BSSA MAN 1 Palu, Sanggar Seni Lauro (SSL), Sanggar Seni Gimba (Fak Sastra Unisa Palu), Dewan Kesenian Palu, dan Dewan Kesenian Kabupaten Sigi. AMI

Load More Related Articles
Load More In Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Ketua Komisi IV DPRD Sulteng Pantau UNBK di Sigi

Keterangan Foto : Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah  Hj. Zalzulmida A. Djanggo…