BNPT Ajak Anggota Eks Santoso Berwirausaha

3 min read
0
236

Keterangan Foto : Warga Binaan Eks Anggota Santoso, Muhammad Anwar

PALU, SULTENGNEWS.com – Badan Nasional Penanggulangan  Terorisme (BNPT) berkunjung ke LAPAS Kelas II A Palu dalam rangka Program Deradikalisasi Mantan Narapidana Terorisme, Senin (24/1/2018)

Kordinator training UMKM, Muhammad Anwar yang ditemui sejumlah wartawan di Hotel Jazz usai kegiatan Deradikalisasi, menuturkan bahwa program ini sebagai upaya mengajak mantan anggota eks teroris Santoso dengan menanamkan jiwa wirausaha dan melatih life skill para warga binaan, agar ketika nanti berakhirnya masa tahanan, para warga binaan telah mempunyai pekerjaan tetap untuk menyambung kebutuhan hidup.

Hal ini menurut Anwar, seseorang yang menganut faham terorisme pada awalnya difaktori karena tidak mempunyai sumber pendapatan yang jelas, sehingga dengan mudah dirasuki dengan paham-paham radikal.

“Para warga binaan eks teroris, dilatih untuk berwirausaha agar setelah keluar dari Lapas nanti, mereka mempunyai penghasilan tetap, karena nantinya akan diberikan bantuan sebagai modal awal, agar mereka mempunyai kesibukan mengurus usahanya sendiri dan tidak lagi mudah kembali dengan pemahaman radikal sebelumnya,” ucapnya.

Ditambahkan, training yang sudah berjalan tujuh tahun untuk wilayah LAPAS Kelas II A Palu tersebut, sudah membina sebanyak tujuh orang eks anggota teroris Santoso dengan berbagai macam pelatihan kewirausahaan seperti membuat kuliner martabak, perbengkelan, kerajinan tangan dan sebagainya, dimana semua bahan bakunya dipersiapkan oleh BNPT.

Adapun tim program deradikalisasi mantan narapidana terorisme, yang datang ke LAPAS Palu yakni dari DENSUS, Akademisi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang bertugas untuk menanamkan paham Islam dan Kebangsaan dan Mentor Training UMKM untuk menanamkan jiwa wirausaha.

“Saya berharap dengan training ini, para Wabin nantinya mempunyai pekerjaan mandiri, agar mereka dengan terprovokasi dengan kegiatan radikal”, kata Pria yang juga menggeluti usaha kelapa sawit tersebut mengakhiri. BAM

Load More Related Articles
Load More In Hukum & Kriminal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

BNN Kota Palu Terget Pengedar Shabu – Shabu di Wilayah Tavanjuka-Tatanga

PALU,Sultengnews.com– Pacsa diamankanya ketiga orang yang diduga sebagai pelaku peny…