Bisnis Alat Berat Terus Menggeliat

2 min read
0
111

SULTENGNEWS.com- Hasil produksi alat berat dari sektor pertambangan masih menunjukan tren kenaikan. Sejumlah perusahaan tambang bahkan mengaku harus menunggu waktu untuk mendapatkan alat berat baru.

Jamaluddin, Ketua Himpunan Alat Berat Indonesia (Hinabi) mengatakan penjualan didorong oleh sektor tambang, diikuti konstruksi dan juga segmen forestry.

“Bila lihat kondisi seperti ini kita yakin target 4.400 unit akan tercapai,” kata Jamaluddin saat dihubungi KONTAN, Minggu (19/11).

Menanggapi permintaan tinggi, Jamaluddin berkata bahwa memang ada kemampuan suplai yang terbatas. Mengingat industri komponen yang belum stabil pascapengurangan orang saat masa kritis beberapa tahun silam.

Saat ini kapasitas terpasang 10.000 unit alat berat. Dengan total karyawan kurang lebih 10.000 orang. Pada kondisi saat krisis pengurangan jumlahnya hanya 4.000 orang.

Ferdinand mengaku, di tipe alat berat yang besar memang harus bersabar menunggu. Tetapi bila yang dijual oleh PT Intraco Penta Wahana lebih ke compact equipment (produk menengah). “Sehingga bisa didapat tahun ini selama persediaan masih ada,” tuturnya.

Seperti diketahui, INTA punya anak usaha di bidang keagenan alat berat merek Volvo, dan SDLG melalui PT Intraco Penta Prima Servis (IPPS) serta penjualana dan layanan merek Sinotruk, Mahindra, Bobcat, Doosan dan Sany Palfinger melalui PT Intraco Penta Wahana (IPW).

Sementara anak grup Astra di distributor alat berat, PT United Tractors Tbk juga mengalami kenaikan penjualan. Sekretaris Perusahaan PT United Tractors Tbk Sara K Loebis mengatakan penjualan produk merk Komatsu sampai saat ini masih pesat dari sektor tambang.

“Sampai Oktober masih positif. Target penjualan masih sama yang didukung dari sektor tambang,” kata Sara saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (19/11).

Menurutnya penjualan dari tambang terutama dari daerah Kalimantan. Yang penjualan diperoleh dari anak usaha maupun perusahaan lain.

Sumber : Kontan.co.id

Load More Related Articles
Load More In Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Gunakan Bright Gas Lebih Aman, Lebih Nyaman, dan Lebih Terjangkau

Keterangan Foto : Booth Bright Gas di pasar murah yang diselenggarakan Pemprov Sulteng, di…