Arena MTQ Ampibabo Didesain Unik Untuk Menarik Pengunjung

5 min read
0
175

Camat Ampibabo, Andi Syarif S.Sos saat berfoto diklokasi kegiatan. FOTO : ABDUL RIFAI/SN

PARIGI MOUTONG, SULTENGNEWS.com
Biasanya setiap even Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) baik tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten bahkan tingkat nasional dan Internasional, di Arena MTQ mimbar selalu didesain seperti biasa yaitu berbentuk mimbar di Masjid yang disiapkan untuk tempat Mengaji ataupun yang dibuat serupa dengan itu.

Tapi lain halnya dengan MTQ tingkat kecamatan yang dilaksanakan di Kecamatan Ampobabo dengan pusat kegiatan di Bibir Pantai Laut Teluk Tomini, mimbarnya dibua unik dan menarik yakni latan belakang kapal berlabuh di depan masjid.

Inilah panggung utama MTQ Ampibabo yang sangat unik dan menarik untuk dikunjungi. FOTO : ABDUL RIFAI/SN

Mimbar yang di desain unik ini, dihiasi bunga-bunga disekelilingnya sehingga sangat menyita perhatian masyarakat yang berkunjung ke lokasi itu. Pantauan media ini, tak jarang orang datang mengunjungi arena MTQ hanya untuk berfoto termaksud masyarakat Desa Paranggi yang bekerja dan tidak ketinggalan Pemerintah Kecamatan Ampibabo yang juga ikut berselfi di panggung utama arena MTQ.

Camat Ampibabo, Andi Syarif S.Sos saat ditemui diklokasi kegiatan menyampaikan, Pemerintah Kecamatan Ampibabo dalam pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan bukan cuma memberikan dukungan, tapi keterlibatan langsung karena ini adalah agenda MTQ tingkat kecamatan. Adapun penempatannya di desa itu adalah sebuah wacana yang sudah terjadwal, karena setiap pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan dilaksanakan dibeberapa desa di Wilayah Kecamatan.

“Saya tidak mau cuma memerintah yang mendesain panggung utama. Saya ada di dalamnya bersama-sama masyarakat mendesain dan bersama-sama mengerjakan secara fisik,” terangnya.

Ia juga mengaku bahwa kegiatan ini sudah dilakukan pogresnya selama dua bulan sebelumnya mulai dari perencanaan kegiatannya, perencanaan pendanaan serta desain arenanya. Bahkan sudah dua minggu dilaksanakan apel diarena kegiatan itu.

“Kegiatan administrasi, pemerintahan, kemasyarakatan saya lakukan disini, karena ini adalah tugas dan tanggung jawab dari kecamatan. Walaupun penempatan kegiatannya di desa, namun tanggung jawab penuh adalah kecamatan,” jelasnya.

Ketua Panitia, Asdin Haya yang juga Kepala Desa Paranggi, Kecamatan Ampibabo dalam penyampaiannya saat ditemui diselah pembangunan arena mengatakan, kegiatan itu tidak akan sukses tanpa ada dukungan dari masyarakat.

“Tidak mungkin kegiatan ini sukses, kalau tidak ada dukungan masyarakat. Alhamdulillah Desa Paranggi Kecamatan Ampibabo dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 52 ini disepakati dan tunjuk sebagai tuan rumah,” tuturnya.

Berdasarkan keterangan dan data yang diberikan oleh Wakil Sekretaris MTQ Tingkat Kecamatan Ampibabo, Mardjun Niode bahwa rencananya kegiatan MTQ akan diikuti 19 desa di Wilayah Kecamatan Ampibabo dengan Prediksi Jumlah Peserta yang berpartisipasi yaitu 601 orang dengan rincian 285 orang laki-laki, 280 orang perempuan dan 36 orang official termaksud peserta dari tuan rumah Desa Paranggi.

Pada Pelaksanaan MTQ Ke 52 Tingkat Kecamatan Ampibabo ini akan memperlombakan cabang yaitu Cabang Tilawah Al-Qur’an, Cabang Hifzhil Al-Qur’an, Cabang Tafsir Al-Qur’an, Cabang Khat Al-Qur’an, Cabang Syarhil Al-Qur’an, Cabang Fahmi Al-Qur’an, Cabang Makalah Ilmia Al-Qur’an dan Cabang Da’i dan Da’iya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) h Al-Qur’an.

Kegiatan yang bertemakan ”Dengan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 52 Tingkat Kecamatan Ampibabo Tahun 2019, Kita Ciptakan Masyarakat Yang Agamis Dalam Suasana Yang Kondusif Menuju Umat Yang Harmonis, Bermartabat dan Sejahtera” direncanakan dibuka oleh Wakil Bupati Parigi Moutong, Senin (16/09/2019) dengan lama kegiatan lima hari dan berakhir pada sampai (21/9/2019). FIK

Load More Related Articles
Load More In Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Lantik 42 Kades, Wabub Parimo Ingatkan Para Kades Hati-Hati Mengelola Dana Desa

Suasana pelantikan 42 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Parigi Moutong yang berlangsung di …