75 Relawan Dilatih Manajemen Bencana

2 min read
0
197

PALU, SULTENGNEWS.com – Sebanyak 75 orang relawan dari utusan daerah kabupaten/kota yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa, mengikuti pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional Sulteng, di Asrama Haji Transit Palu, Rabu (22/11/2017).

Menurut ketua panitia kegiatan, Sulteng tepilih dari salah satu lima provinsi Untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan bahwa keberadaan baznas provinsi dapat menjalankan tujuan program pembangunan yang menitik beratkan pada beberapa hal diantaranya, ketersediaan korps relawan  yang cekatan dalam merespon bencana yang terjadi di wilayah Propinsi Sulteng.

Kedua, Sulteng memiliki strategi dan ragam cara pada penyaluran dana zakat yang berhubungan dengan program tanggap bencana.

“Dan yang ketiga untuk mengetahui dan mendapatkan pengetahuan yang berkaitan dengan manajemen penanganan bencana,” kata Ketua Panitia Djakir Lobud.

Kepala Biro Otonomi Daerah Provinsi Sulteng Mohammad Nadir, mengatakan, Indonesia adalah negara yang paling rawan terhadap bencana alam di dunia, baik yang disebabkan faktor alam, non alam dan juga oleh ulah manusia.

“Siapa pun juga diantara kita tidak akan bisa mengetahui dengan pasti kapan bencana alam datang dan bagaimana caranya karena setiap bencana alam merupakan rahasia ilahi, yang tidak bisa kita hindari selain ikhlas menerimanya dan berusaha hidup harmonis dengan alam, dengan selalu siap sedia menghadapi situasi terburuk dan bersiasat untuk memperkecil dampak bencana yang akan terjadi,” kata Moh Nadir.

“Diharapkan melalui pelatihan manajemen bencana tingkat dasar ini, kemampuan untuk mengantisipasi setiap ancaman atau bahaya yang akan terjadi yang mana kita dituntutmampu menggunakan peralatan teknologi informasi secara tepat guna maupun dengan memahami kearifan lokal yang sudah ada di masyarakat,” katanya menambahkan. SNN

Load More Related Articles
Load More In Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

PKBI Sulteng Buka Posko Kesehatan di Empat Titik Pengungsian

Direktur PKBI Sulteng, Yospin saat berkoordinasi dengan bidan di Kelurahan Kabonena untuk …