460 Perusahaan dan Perorangan Mengajukan Penerbitan SIUP di Kota Palu

2 min read
0
134

PALU, SULTENGNEWS. com – Sebanyak 460 perusahaan dan perorangan, mengajukan penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPPT) Kota Palu, pasca gempa 28 September 2018 lalu.

“Di data kami, sudah ada 460 perusahaan yang mengurus izin untuk usaha, namun di dalamnya ada juga usaha perorangan. Jadi, tidak semuanya dari perusahaan. Dari jumlah tersebut, ada yang dipending untuk dilengkapi berkasnya, ada juga yang ditolak karena alasan tertentu,” ujar Kepala Seksi Pelayanan, Ahmad Fifai saat ditemui sultengnews.com di ruangannya, Senin (8/7/19).



Dikatakan, pemohon SIUP tersebut berasal dari dalam dan luar daerah, namun semuanya dari dalam negeri dan dimulai sejak satu minggu tanggap darurat.

“Semua pemohon izin itu, berasal dari dalam negeri pak dan permohonan SIUP ini terjadi masih tanggap darurat sudah banyak yang dating. Ini artinya, Kota Palu tidak akan kehabisan investor yang masuk. Mereka juga tidak takut dengan benana yang menimpa kita belum lama ini,” katanya.

Ahmad Rifai menjelaskan, jenis – jenis SIUP yang diminta sangat berfariasi, mulai dari yang skala kecil sampai skala besar mulai dari dari perdagangan jasa, industri kecil, pendirian hotel dan Properti.

Menurut Amad Rifai, pengurusan SIUP saat ini harus dimulai dulu dengan mendaftar di Online Single Submission (OSS) yang merupakan sistem elektronik yang terintegrasi. Setelah itu, barulah diproses dengan menerbitkan SIUP manual yang dikeluarkan Badan Perizinan Terpada Satu Pintu Kota Palu.

“Sekarang ada namanya reformasi perizinan, diatur dalam Peraruran Pemerintah nomor 24 tahun 2018 tentang perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau biasa disebut OSS (Online Single Submission). Dengan sistem ini, pendaftaran harus lewat online dan mendapat izin secara otomatis atau NIB (Nomor Induk Berusaha),” tutupnya. JMY

Load More Related Articles
Load More In Palu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Bapeda Sosialisasi Perbaikan Tata Kelola Data

Suasana sosialisasi Perpres no 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia. FOTO : RAMADHA/S…