24 Panwascam Palu Resmi Dilantik dan Diambil Sumpahnya

3 min read
0
137

SULTENGNEWS.com – Sebanyak 24 Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) se- Kota Palu, resmi dilantik dan diambil sumpahnya, Selasa (14/11/2017) bertempat di Hotel Mercure Jalan Cumi – Cumi Palu Barat.

Hadir dalam pelantikan ini, Komisioner Bawaslu Sulteng Sutarmin, Ketua KPU Palu Marwan P Angku, staf ahli walikota bidang sosial budaya Deny Taufan, perwakilan dari Kejaksaan Negeri, Perwakilan dari Polres Palu dan Komisioner Panwaslu Kota Palu Adji Rizal dan Fadlan.

Pelantikan diawali pembacaan naskah sumpah jabatan yang dipandu Ketua Panwaslu Kota Palu Munira dan diikuti 24 Panwascam. Setelah prosesi pelantikan, dilanjutkan dengan pembacaan pakta integritas diwakili anggota Panwascam Mantikulore, Sumitro F Nento. Setelah itu, dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas yang sebelumnya dibacakan.

Ketua Panwaslu Kota Palu, Munira dalam sambutannya mengatakan, pelantikan Panwascam se- Kota Palu merupakan proses akhir dari penjaringan dan perekrutan panwas pada tingkat kecamatan. Pelantikan itu juga merupakan awal dari pelaksanaan tugas, fungsi dan kewajiban dalam mengawasi dan mengawal demokrasi di Kota Palu. Dalam Undang – Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu), Panwascam diberikan beberapa kewenangan strategis dalam pengawasan Pemilu. Salah satu diantatanya adalah menangani kasus dugaan pelanggaran tindak pidana Pemilu yang terjadi di tingkat kecamatan. Olehnya itu, dibutuhkan kemampuan, keseriusan dan kemampuan yang mempuni bagi panwascam untuk menjalankan fungsi pengawasan dan penanganan pelanggaran.

“Panwascam merupakan garda terdepan dalam melaksanakan pengawasan Pemilu 2019. Dipundak bapak dan ibu sekalian terdapat tanggungjawab yang besar untuk mengawal demokrasi,” ujar Munira.

Dikatakan, keberadaan pengawas Pemilu teramat sangat penting dalam melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu untuk memastikan hak konstitusional setiap warga negara terpenuhi, serta memberikan rasa keadilan bagi para pencari keadilan dalam Pemilu.

“Jangan sekali – kali menjadikan pengawas Pemilu sebagai momen untuk mendapatkan tambahan penghasilan semata, melainkan menjadi pengawas Pemilu untuk pengabdian bagi Negara,” tutupnya. FUL

Load More Related Articles
Load More In Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga...

Aliansi Masyarakat Sulteng Cinta Damai, Tolak Deklarasi #2019 Ganti Presiden di Palu

Aliansi Masyarakat Sulteng Cinta Damai, Tolak Deklarasi #2019 Ganti Presiden di Palu PALU,…