Home Politik 11 Desember, Batas Perbaikan Dokumen 14 Parpol

11 Desember, Batas Perbaikan Dokumen 14 Parpol

2 min read
0
21

PALU, SULTENGNEWS.com – Sesuai jadwal yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, tanggal 11 Desember 2017 mendatang merupakan batas perbaikan dokumen 14 Partai Politik (Parpol) dikembalikan dokumennya beberapa waktu lalu.

Ketua KPU Kota Palu, Marwan P Angku mengatakan, 14 Parpol kini sudah memasukkan kembali dokumen perbaikan ke KPU Palu untuk dilakukan kembali verifikasi apakah sudah sesuai semua atau belum.

“Jika masih terdapat kekurangan – kekurangan, maka KPU masih memberikan kesempatan kepada Parpol untuk memperbaiki kesalahan dan melengkapi kekurangan yang ada,” ujar Marwan P Angku di ruang kerjanya, Senin (4/12/2017).

Setelah semua dokumen Parpol dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat, maka mulai tanggal 25 Desember 2017 sampai 7 Januari 2018, KPU akan melakukan verifikasi faktual keanggotaan, kepengurusan, kantor dan keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan.

Dalam verifikasi faktual ini, terdiri dari dua tim yakni tim internal yang akan melakukan verifikasi kepengurusan, kantor dan keterwakilan 30 persen perempuan. Sementara tim eksternal yang baru saja direkrut KPU, akan bertugas melakukan verifikasi faktual keanggotaan Parpol.

“Tim akan turun secara langsung ke lapangan, untuk mengecek kepengurusan siapa – sapa saja yang menjadi pengurus serta mengecek keberadaan kantor dan keterwakilan 30 persen perempuan,” terang ketua KPU yang mengawali karinya sebagai wartawan ini.

Sementara verifikasi faktual keanggotaan, akan ditangani pihak verifikator eksternal yang telah direkrut KPU dengan mendatangi anggota – anggota partai di masing – masing kediamannya untuk memastikan benar tidaknya yang bersangkutan terlibat sebagai anggota Parpol.

Untuk diketahui, 14 Parpol tersebut yakni PDI Perjuangan, Nasdem, Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hanura, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Perindo, Partai Garuda, Berkarya dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). FUL

 

Load More Related Articles
Load More In Politik

Check Also

Gerindra Keluhkan Pengurangan Jumlah Penduduk Kota Palu

Keterangan Foto : Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan da…